Jumat, 04 Mei 2012

SENI RUPA MODERN


Aliran aliran seni rupa modern

1.    Aliran Neo-Klasik

Pecahnya revolusi Perancis pada tahun 1789, merupakan titik akhir dari kekuasaan feodalisme di Perancis yang pengaruhnya terasa juga ke bagian-bagian dunia lainnya. Revolusi ini tidak hanya perubahan tata politik dan tata social, tetapi juga menyangkut kehidupan seni. Para seniman menjadi bebas dalam memperturutkan panggilan hati masing-masing, dimana mereka berkarya bukan karena adanya pesanan, melainkan semata-mata ingin melukis saja.
Maka dengan demikian mulailah riwayat seni lukis modern dalam sejarah yang ditandai dengan individualisasi dan isolasi diri. Jacques Louis David adalah pelukis pertama dalam babakan modern. Pada tahun 1784, David melukiskan “SUMPAH HORATII”. Lukisan ini menggambarkan Horatius , bapak yang berdiri di tengah ruangan sedang mengangkat sumpah tiga anak laki-lakinya yang bergerombol di kiri, sementara anak perempuannya menangis di sebelah kanan.

Lukisan ini tidak digunakan untuk kenikmatan, melainkan untuk mendidik, menanamkan kesadaran anggota masyarakat atas tanggung jawabnya terhadap Negara. J.L. David merupakan pelopor aliran Neo-Klasik, dimana lukisan Neo-Klasik bersifat Rasional, objektif, penuh dengan disiplin dan beraturan serta bersifat klasik.

Tokoh penerus J.L. David dalam Neo-Klasik adalah JEAN AUGUAST DOMINIQUE INGRES (1780-1867)
Contoh lukisan Neo-Klasik dapat dilihat pada lampiran.

2.    Aliran Romantik

Aliran Romantik merupakan pemberontakan terhadap aliran Neo-Klasik, dimana Jean Jacques Rousseau mengajak kembali pada alam, sebagai manusia yang tidak hanya memiliki pikiran tetapi juga memiliki perasaan dan emosi.

Lukisan-lukisan romantik cenderung menampilkan :
  • Hal yang berurusan dengan perasaan seseorang (sangat ditentang dalam aliran Neo- Klasik)
  • Eksotik, kerinduan pada masa lalu
  • Digunakan untuk perasaan dari penontonnya
  • Kecantikan dan ketampanan selalu dilukiskan

Tokoh yang betul-betul pemberontak dan pertama kali menancapkan panji-panji romantisme adalah Teodore Gericault (1791-1824) dengan karyanya yang berjudul “RAKIT MENDUSA”. Romantisme berasal dari bahasa Perancis “Roman” (cerita), sehingga aliran ini selalu melukiskan sebuah cerita tentang perbuatan besar atau tragedy yang dahsyat. Contoh lukisannya dapat dilihat pada lampiran.

3.    Aliran Realisme

Realisme merupakan aliran yang memandang dunia tanpa ilusi, mereka menggunakan penghayatan untuk menemukan dunia. Salah seorang tokoh Realisme yang bernama “Courbet” dari Perancis mengatakan :

“TUNJUKANLAH KEPADAKU MALAIKAT, MAKA AKU AKAN MELUKISNYA, artinya ia tidak akan melukis sesuatu yang tidak ditunjukkan kepadanya (sesuatu yang tidak real/nyata). Aliran Realisme selalu melukiskan apa saja yang dijumpainya tanpa pandang bulu dan tanpa ada idealisasi, distorsi atau pengolahan-pengolahan lainnya. Gustave Courbet (1819-1877) memandang bahwa lukisan itu pada dasarnya seni yang kongkrit. Lukisan-lukisan Courbet selalu menampilkan kenyataan hidup yang pahit seperti “Lukisan Pemecah Batu” dll. Lihat contoh pada lampiran.

4.    Aliran Naturalisme

Aliran Naturalisme adalah aliran yang mencintai dan memuja alam dengan segenap isinya. Penganut aliran ini berusaha untuk melukiskan keadaan alam, khususnya dari aspek yang menarik, sehingga lukisan Naturalisme selalu bertemakan keindahan alam dan isinya. Monet merupakan salah satu tokoh  pelukis Naturalisme, tetapi terkadang lukisannya mendekati Realisme. Meskipun lukisan Naturalistiknya Monet yang mendekati Realisme, tetapi sangat berbeda dengan lukisan Gustave Courbert sebagai tokoh realisme.

Realismenya Courbert bersifat sosialistik yang moralitasnya cukup tinggi, sedangkan realismenya Monet cenderung melukiskan yang indah-indah dan amoral, karena prinsip Monet adalah “seni untuk kepentingan seni, bukan untuk apapun. Para pelukis Naturalisme sering dijuluki sebagai pelukis pemandangan. Tokoh Naturalisme yang berasal dari Inggris adalah Thomas Gainsbrough (1727-1788).     Berikut adalah contoh lukisan Naturalis  

5.    Aliran Impresionis

Apabila ada orang mendengar istilah Impresionisme, maka asosiasi mereka biasanya tertuju pada lukisan-lukisan yang impresif, yaitu lukisan yang agak kabur dan tidak mendetail. Claud Monet bukan tokoh impresionisme, tetapi aliran impresionisme banyak diilhami oleh penemuan-penemuan Claud Monet dalam setiap lukisannya. Seorang tokoh impresionisme dari Prancis bernama Piere Auguste Renoir (1841-1919).

Pelukis ini sangat gemar melukis wanita, baik dalam kondisi berpakaian maupun tanpa busana. Lukisan impresionis sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, karena melukis dilakukan di luar studio. Lukisan impresionis biasanya tidak mempunyai kontur yang jelas dan nampak hanya efek-efek warna yang membentuk wujud tertentu.

6.    Aliran Ekspresionisme

Pada tahun 1990-an, para pelukis mulai tidak puas dengan karya yang hanya menonjolkan bentuk-bentuk objek. Mereka mulai menggali hal-hal yang berhubungan dengan batin, sehingga muncullah aliran ekspresionisme. Vincent Van Gogh (1850) adalah tokoh yang menjadi tonggak kemunculan aliran ekspresionisme dan tokoh lain yang mengikuti adalah Paul Cezanne, Paul Gauguin, Emil Nolde dan di Indonesia yaitu Affandi. Ekspresionisme merupakan aliran yang melukiskan aktualitas yang sudah didistorsikan ke arah suasana kesedihan, kekerasan ataupun tekanan batin.

Berikut adalah salah satu contoh lukisan ekspresionisme karya Affandi dengan judul “Potret Diri” .

7.    Aliran Fauvisme

Nama fauvisme berasal dari bahas Prancis “Les Fauves”, yang artinya binatang liar. Aliran fauvisme sangat mengagungkan kebebasan berekspresi, sehingga banyak objek lukisan yang dibuat kontras dengan aslinya seperti pohon berwana 0ranye/jingga atau lainnya. Lukisan-lukisan fauvis betul-betul membebaskan diri dari batasan-batasan aliran sebelumnya.

Pelukis fauvisme cenderung melukis apa yang mereka sukai tanpa memikirkan isi dan arti dari sebuah lukisan yang dibuat. Maurice De Vlaminck, merupakan tokoh fauvisme yang banyak terinspirasi oleh goresan warna Vincent Van Gogh, sampai-sampai ia berkata ; Saya lebih mencintai Van Gogh dari pada Ayah saya. Tokoh lain dari aliran ini adlah Henri Matisse, Henri Rousseau dll.

8.    Aliran Kubisme

Aliran kubisme dilatar belakangi oleh konsep Paul Cezanne yang mengatakanbahwa bentuk dasar dari segala bentuk adalah silinder , bola, balok dan semua  bentuk yang ada di dalam di pengaruhi oleh perspektif, sehingga bidang tertuju pada  satu titik tengah. Karya Picasso menjadi insfirasi kemunculan karya- karya kubisme, karena motif geometris digunakan oleh Picasso.

Lukisan kubisme mengedepankan bentuk-bentuk germetris. Tokoh kubisme yang sangat terkenal adalah Picasso dan Paul Cezanne, tetapi di samping kedua tokoh ini masih banyak tokoh lain yg menganut  Kubisme seperti Juan Gris dll.

9.    Aliran Abstraksionisme

Aliran Abstraksionime adalah aliran yg berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasis figuratif suatu obyek. Aliran Abstraksionis di bedakan menjadi dua yaitu.
•    Abstrak kubistis

Yaitu abstrak dalam bentuk geometrik murni seperti lingkaran kubus dan segi tiga
Tokoh aliraran ini berasal dari Rusia yaitu Malivich [1913]
•    Abstrak Nonfiguratif

Yaitu abstrak dalam arti seni lukis haruslah murni sebagai ugkapan perasaan, di mana garis mewakili garis ,warna mewakili warna dan sebagainya. Bentuk alami ditinggalkan sama sekali. Tokohnya adalah Wassily kadinsky, Naum Goba.
Contoh karya;

10.    Aliran Futuris.

Aliran Futuris muncul di Itali pada tahun 1909, sebagai reaksi terhadap aliran kubisme yang dianggap dinamis penuh gerak, karena itu temanya cenderung menggambarkan kesibukan-kesibukan seperti,pesta arak-arakan, perang dll. Tokoh aliran ini antara lain
•    Carlo Carra
•    Buido Severini
•    Umbirto Boccioni
•    F.T Marineti

11.    Aliran dadaisme

Aliran dadaisme merupakan pemberontak konsep dari konsep aliran sebelumnya. Aliran ini mepunyai sikap memerdekakan diri dari hukum-hukum seni yg telah  berlaku. Ciri aliran ini sinis, nihil dan berusaha meleyapkan ilusi. Aliran ini dilatar belakangi oleh perang dunia pertama yg tak kunjung berhenti.

Perang yg tak kunjung padam memberi kesan hilangnya nilai sosial dari nilai estetika di muka bumi, sehinga pandangan dadaisme tidak ada estetika dalam karya seni. Tokoh Dadisme adalah Paul klee, Scwitters Tritan Tzara, Maron Janco dll.

12.    Aliran Surealisme.

Aliran surealis banyak di pengaruhi oleh teori analisis psikologis. Sigmund Freud mengenai ketidak sadaran dalam anatomisme dan impian. Surealisme sering tampil tidak logis dan penuh fantasi, seakan-akan melukis dalam mimpi.



MODERN ART




Stream flow of modern art
A. The flow of Neo-Classical
The outbreak of the French revolution in 1789, is the end point of the power of feudalism in France, whose influence was also to other parts of the world. This revolution is not only a change in the political and social order, but also about the life of art. The artists to indulge freely in the heart of each call, where they worked was not because of orders, but simply wanted to paint it.
So thus began the history of modern art history that is characterized by individualization and self-isolation. Jacques Louis David was the scene of the first modern painter. In 1784, David describes "HORATII SWEAR". These paintings depict Horatius, the father who was standing in the middle of the room was taking an oath three sons are clustered at the left, while his daughter was crying on the right.
This painting is not used for pleasure, but to educate, instill community awareness of his responsibility towards the State. J.L. David is a pioneer of the flow of Neo-Classical, Neo-Classical paintings which are rational, objective, full of discipline and irregular, and is a classic.
Figure successor J.L. David in the Neo-Classical is AUGUAST JEAN Dominique Ingres (1780-1867)Examples of Neo-Classical paintings can be seen in appendix.
2. Romantik flow
Romantic rebellion against the flow of a stream of Neo-Classical, where Jean Jacques Rousseau took back to nature, as a man who not only has the mind but also have feelings and emotions.
Romanesque paintings tend to show:

    
* It is dealing with one's feelings (highly contested in the flow of Neo-Classical)
    
* Exotic, longing for the past
    
* Used for the feelings of the audience
    
* Beauty and good looks are always described

Figures that really drove the rebels and the first time the banner of romanticism is Teodoro Gericault (1791-1824) with his work entitled "MENDUSA raft". Romance comes from the French "Roman" (story), so that the flow is always portray a story of great deeds or great tragedies. Examples of his paintings can be seen in the appendix.
3. Realism
Realism is a stream that sees the world without illusions, they used appreciation to discover the world. Realism is one of the characters named "Courbet" from France says:
"TUNJUKANLAH ANGELS TO ME, THEN I WILL paint her, meaning she was not going to paint something that is not shown to him (something that is not real / real). Realism always describe what he encountered indiscriminately and without any idealization, distortion-processing or other processing. Gustave Courbet (1819-1877) view that the painting was essentially a concrete art. Courbet's paintings always show the bitter realities of life such as "Painting Stone Breaker", etc.. See example in attachment.
4. Naturalism flow
Naturalism is the stream flow who loved and worshiped nature with all its contents. Adherents of this school attempted to describe the state of nature, especially from the aspect of interest, so that Naturalism is always themed paintings of natural beauty and its contents. Monet is one of the characters Naturalism painter, but sometimes approaching Realism paintings. Although Monet painting naturalistic realism that comes close, but very different from Gustave Courbert as figure painting realism.
Courbert socialistic realism is that morality is high, whereas Monet realism tends to portray the beautiful, picturesque and immoral, because the principles are the Monet "art for the sake of art, not for anything. The painter Naturalism is often dubbed as the landscape painter. Leaders who came from England Naturalism is Gainsbrough Thomas (1727-1788). Here is an example of naturalist painting
5. The flow of the Impressionists
When people hear the term Impressionism, the associations they are usually focused on the impressive paintings, the paintings are rather vague and not detailed. Claud Monet not figure impressionism, impressionism, but the flow of many inspired by the discoveries in every Claud Monet paintings. A figure of French impressionism named Pierre Auguste Renoir (1841-1919).
This artist is very fond of painting a woman, both in dress and naked condition. Impressionist painting is strongly influenced by weather conditions, because the painting done outside the studio. Impressionist paintings do not usually have a clear and visible contours only color effects that make up a particular form.
6. Expressionism flow
In the 1990s, the painters began not satisfied with the work that only accentuate the forms of objects. They began to explore things that relate to the mind, so comes the flow of expressionism. Vincent Van Gogh (1850) is a figure which was the base of the flow emergence of expressionism and other figures that follow are Paul Cezanne, Paul Gauguin, Emil Nolde and in Indonesia, namely Affandi. Expressionism is a stream that depicts the actuality that has been distorted to the atmosphere of grief, violence or distress.
Here is one example of expressionist paintings by Affandi with the title "Self Portrait".
7. Fauvism flow
Fauvism's name comes from the French study "Les Fauves", which means wild animals. Fauvism flow greatly cherish freedom of expression, so many objects in contrast to the paintings that made the original such as a tree or other 0ranye/jingga colored. Fauvis paintings truly break free from the constraints of the previous flow.
Fauvism artists tend to paint what they like without thinking about the content and meaning of a painting that is created. Maurice De Vlaminck, a character inspired by Fauvism are many color scratches Vincent Van Gogh, to the extent that he said: I love Van Gogh's more than my father. Another character of this flow is someone Henri Matisse, Henri Rousseau, etc..
8. The flow of Cubism
Cubism background by Paul Cezanne that mengatakanbahwa concept forms the basis of any form is cylindrical, spherical, beam and all that is in the form is influenced by the perspective, so the field was fixed on one point. Picasso's work became insfirasi appearance of the works of cubism, because the geometric patterns used by Picasso.
Cubism painting emphasizes germetris forms. Cubism is very well-known figures are Picasso and Paul Cezanne, but in addition to these two characters who are still a lot of other figures such as Juan Gris Cubist adheres etc..
9. Abstraksionisme flow
Abstraksionime stream flow which is trying to escape from the sensations or figurative asosiasis an object. Abstraksionis flow differentiated into two.• Abstract kubistis
That is pure abstract geometric shapes such as circles and triangles cubeAliraran figure is derived from the Russian Malivich [1913]• Abstract Nonfiguratif
That is abstract in the sense that art should be pure as ugkapan feeling, where the lines represent the lines, colors represent the colors and so on. Natural form of abandoned altogether. Characters are Wassily kadinsky, Naum Goba.Examples of work;
10. Futurist flow.
Flow appeared in the Italian Futurists in 1909, as a reaction against cubism are considered full-motion dynamic, because it tends to illustrate the theme such as busy-busy, party pageantry, war etc.. These flow figures include• Carlo Carra• Buido Severini• Umbirto Boccioni• F.T Marineti
11. Dada flow
Dada is the flow of insurgents before the concept of the concept of flow. This flow mepunyai independence stance of the law of art which have been enacted. This flow characteristic cynicism, nil and try meleyapkan illusion. This background flow by the first world war which would not stop.
Unremitting warfare which suggests a loss of social value from the aesthetic value of the earth, so that there is no aesthetic view of the Dada art. Dadisme figure is Paul Klee, Scwitters Tritan Tzara, Janco etc. Maron.
12. Surrealism flow.
Flow is influenced by many surrealist theory of psychological analysis. Sigmund Freud on the unconscious and dreams anatomisme. Surrealism often appear illogical and full of fantasy, as if painted in a dream.

1 komentar: